Wednesday, June 13, 2012

Tentang Jerawat di Kulit Kepala, Kerontokan Rambut dan Solusinya

jerawat tidak hanya tumbuh di wajah saja tapi di kulit kepala juga bisa. mungkin bagi anda hal ini tidak terlalu bermasalah karena tidak terlihat langsung, tapi tau kah anda jika terus menerus jerawat tersebut tumbuh, dapat menyebabkan kebotakan *Wah serem.. makanya dimanapun jeraway tumbuh harus segera disembuhkan, namanya penyakit pasti merugikan.
hari ini saya akan memberikan sedikit tips untuk mencegah terjadinya jerawat di kulit kepala dan cara mengobatinya, setidaknyaa yang saya tau dan saya praktekkan :)

kita kembali pada proses terjadinya jerawat, jerawat terjadi karena banyak hal. misal minyak berlebih, kulit yang kotor, faktor hormonal, bahkan sentuhan dari tangan atau benda asing dapat menyebabkan jerawat juga,  ini mungkin karena tangan/benda tsb kotor atau kemungkinan sentuhan tsb memang dapat merangsang pertumbuhan jerawat, setidaknya dari pengalaman membuktikan bahwa sering menyentuh kulit dapat menyebabkan jerawat (kulit pada bagian yang rentan jerawat). dari sini kita dapat menarik kesimpulan tentang apa yang harus kita lakukan untuk menghindari jerawat di area kepala, sebenernya untuk kulit kepala agak sama dengan wajah tapi kulit kepala memiliki rambut.. jadi mari kita selesaikan masalah ini.


hey.. saya memiliki rambut dan kulit kepala yang berminyak, rambut agak panjang untuk ukuran laki-laki dan rambut saya tergolong tebal. dahulu saya ada masalah jerawat di kepala maka bagian depan samping agak berkurang rambutnya, hal ini karena dulu waktu ada jerawat di kepala saya dan saya mulai menyentuhnya sampai melukainya sehingga merusak pertumbuhan rambut di area tersebut. luka tersebut sampai menjadi seperti "koreng" jadi bukan bekas jerawat lagi tapi menjadi bekas luka kecil dan kadang jika diambil (dengan kuku) akan mengangkat sebagian rambut di area tersebut sehingga rambut di area tsb menjadi hilang atau berkurang, dan biasanya di sekitar itu akan ada kulit mati yang jika terkena air akan tampak berwarna putih mirip ketombe.
itu hanya satu dari jerawat yang tumbuh dan ditangani dengan tindakan yang salah, bagaimana jika terjadi banyak jerawat dan ditangani dengan salah pula. Hmm.. bisa anda bayangkan kerontokan bahkan kebotakan besar-besaran akan terjadi dalam waktu yang singkat.

barusan saya mengetikkan keyword Kulit Kepala di mesin telusur Google, pada bagian Image/Gambar saya melihat beberapa gambar kulit kepala dengan segala masalahnya, sungguh membuat merinding dan mungkin dari awalnya hanya satu atau dua jerawat bisa menjadikan kulit kepala menjadi lebih buruk dari sebelumnya, dua kali lebih buruk dan lebih buruk dari kebotakan.. baiklan mari kita lanjutkan ke solusinya :)

ini dia....
menurut saya mencuci rambut dengan sampo anti ketombe adalah hal yang terbaik (tapi)..
dari hasil pengalaman, bahwa mencuci rambut terlalu sering akan menyebabkan rambut semakin tebal dan kulit kepala menjadi lebih kering, disini saya memberikan cotoh untuk jenis sampo seperti clear, zinc atau lebih tepatnya sampo anti ketombe, memang di awal terasa nyaman ketika sering mencuci rambut tapi pada akhirnya kenikmatan tersebut lenyap karena saya merasa kulit kepala menjadi lebih rentan ditumbuhi jerawat dan kadang saya jumpai luka pada kulit kepala (mungkin karena jerawat). lebih parahnya karena rambut terasa menjadi semakin tebal maka gerah semakin terasa dan minyak di rambut terasa bertambah,  kulit kepala menjadi sungguh tidak nyaman.

Bagaimana saya mencuci rambut?
cuci rambut dengan sampo anti ketombe misal clear, zinc, dll (sampo yang ringan tanpa conditioner) cuci 2-3x dalam seminggu. mungkin jika anda terbiasa mencuci rambut setiap hari, anda akan merasa risih dengan hal ini tapi diri anda dan kulit kepala akan menyesuaikan dan anda akan merasa cara ini adalah yang paling nyaman untuk anda. ( setidaknya ini yang saya rasakan).
jangan lupa untuk memijat kulit kepala saat keramas supaya kotoran dan kulit mati dapat terangkat.

Saya membersihkan rambut dengan air setiap terasa rambut mulai berminyak
ketika merasakan kulit kepala terasa menjadi "berat" dan terasa minyak di rambut mulai melimpah, maka bersihkan rambut dengan air (air bersih tanpa campuran). mulailah membasuh kepala seperti ketika orang Muslim melakukan wudhu, maksudnya disini lakukan basuhan di kepala tidak asal tapi seperti ketika ber wudhu. basuh mulai dari kening sampai ke belakang kepala (pastikan basuhan sampai mengenai kulit kepala menyeluruh), Why? karena bagian yang rentan ditumbuhi jerawat adalah baian tsb, tidak cuma jerawat tapi penyakit-penyakit lain serta kebotakan. setelah selesai lalu kibas - kibaskan rambut (jika memiliki rambut panjang tidak usah di kibas kan) dan lap rambut dengan handuk supaya tidak menetes(optional) tapi jangan keringkan rambut dengan handuk atau alat pengering apapun, cukup diamkan sampai benar - benar kering, dan tidak perlu disisir ulang (karena pembasuhan rambut biasanya akan dilakukan lebih dari 3x dalam sehari).

Jangan sering menyentuh kulit kepala
sebenarnya jika hanya sesekali menyentuh kulit kepala tidak masalah tapi kadang secara tidak sadar kita saat melakukan kegiatan harian, tangan terkadang menyentuh bahkan menggaruk kulit kepala, ini dapat menyebabkan luka pada kulit kepala dan menyebabkan rambut mudah lepas/rontok, dan tidak menutup kemungkinan untuk penyakit yang lebih serius.

Menyisir rambut dengan hati-hati dan menyisir dari belakang ke depan
menyisir rambut dari belakang ke depan sangat menyenangkan, selain kita dapat melihat berapa banyak rambut yang rontok, menyisir dari belakang kedepan membuat diri kita lebih rileks.
sisir yang digunakan lebih baik memiliki bagian yang tidak terlalu rapat, menyisir hanya sehabis mandi dan sebelum tidur. selalu hati-hati dalam menyisir rambut, jangan sampai melukai kulit kepala atau jangan melukai jerawat yang terdapat di kulit kepala.

Tidur malam
malam memang indah tapi jangan sering begadang karena ini tidak baik untuk kesehatan kita. kadang malam bisa menjadi awal dari segala bencana. contohnya saya dulu jerawatan gara'' sering begadang, menjadi mudah stress jika sering begadang.

baiklah sudah cukup sampai disini saja tulisan saya, cukup panjang, cukup capek, tapi sangat menyenangkan bisa berbagi dengan banyak orang :)
ingatlah untuk selalu menerapkan solusi diatas secara rutin, jika ada kurang akan saya tambah lain waktu. terimakasih telah membaca..

1 comment: